My Song

Monday, April 22, 2019

Hadist ke -5 : Kelemahlembutan








Arti Hadist : 

          Diriwayatkan dari Aisyah, dia berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Sesungguhnya Allah itu Maha Lemah Lembut, mencintai kelemahlembutan." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)


Makna Kalimat : 

  • Innallaaha : Sesungguhnya Allah itu.
  • Rafiiqun : Maha Lemah Lembut.
  • Yuhibbur-rifqa : Mencintai kelemahlembutan.


Penjelasan Hadist :
  1. Dulu ada sekelompok Yahudi (pengikut Nabi Musa yang sesat), mengucapkan salam kepada Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam dengan mengatakan,"Assaamu'alaika." Artinya, "Kematian mudah-mudahan tertimpa kepadamu." Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam menjawab dengan penuh kelembutan, "wa'alaikum." Artinya, "Dan juga menimpa kalian." Kemudian Aisyah pun mengatakan, "Bal-'alaikumussaamu wal-la'nah." Artinya, "Bukan demikian, tetapi kematian dan laknat mudah-mudahan tertimpa kepada kalian." Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam melarang Aisyah untuk mengatakan hal demikian. Kemudian Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menyebutkan hadist diatas. 
  2. Allah memiliki nama 'Ar-Rafiiq' yang berarti Maha Lemah Lembut.
  3. Sifat lemah lembut adalah sifat mulia yang diajarkan didalam Islam.
  4. Sudah sepantasnya kita pandai menjaga lidah dan perbuatan kita dari hal-hal yang dapat membuat orang lain takut dan lari dari kita.
  5. Dalam bergaul meskipun dengan orang kafir, kita diperintahkan untuk bersikap lemah lembut agar mereka senang dengan agama Islam dan mau masuk Islam.

No comments:

Post a Comment